KULINER UNIK DARI KOTA SLAWI

S L A W I

Ada yang belum pernah dengar nama kota ini sebelumnya?

Ssst, saya sendiri baru tahu tentang kota ini sekitar tahun 2003.

Pas diajak ketemu sama calon mamer alias mama mertua.

Padahal menurut informasi yang saya dapatkan, kota Slawi ini sudah berdiri sejak tahun 1600an.

Slawi terletak sekitar 14 km dari pusat kota Tegal. Kurang lebih 30 menit saja jika ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Ya, Slawi adalah salah satu kecamatan dari kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Slawi juga menjadi ibukota dari kabupaten Tegal.

Nah,  kalau menyebut kota Tegal, pasti semua orang sudah tahu.

Apa hayo yang terbersit pertama kali saat mendengar kata Tegal?

Yup! Biasanya sih gak jauh-jauh dari :

✅WARTEG alias warung tegal

✅Ada juga yang langsung ingat dengan logat ngapak nya

✅Menyebut kota Tegal juga ada yang jadi langsung ingat sama Limbad. Hehehe 🤭😄

Bener kan???

slawi ayu

                    sumber foto : info tegal

Back to Slawi,

Kota Slawi dengan slogan Slawi Ayu ternyata mempunyai banyak menu makanan, minuman dan cemilan yang unik, enak dan sangat bersahabat di kantong.

Mau tahu apa saja kuliner asyik di Slawi?

Ini dia : RAGAM KULINER KHAS KOTA SLAWI

SATE KAMBING

Sate tegal

  Sate kambing khas slawi, tegal (foto: dok.pribadi)

Banyak sekali rumah makan sate kambing di sepanjang jalan Slawi – Tegal .

Beberapa yang terkenal adalah Sate Tomo, Sate Barokah, Sate H. Eddy.

Untuk jenis satenya sendiri, ada juga sate batibul ( bawah tiga bulan) dan sate balibul ( bawah lima bulan).

Sate Kambing khas Tegal ini disajikan dengan irisan tomat dan bawang merah, disiram sambal kecap. Dagingnya yang lembut, cocolannya yang manis pedas bakal bikin nagih deh.

Sate kecapSega Lengko

Sega Lengko atau Nasi Lengko ini khas sekali dari Slawi. Berisi nasi putih, dengan sayuran tauge, kol mentah, timun mentah, potongan tahu, tempe, kerupuk lalu disiram kuah kacang yang agak pedas. Tapi jangan bayangkan pecel atau gado-gado ya. Rasanya akan jauh berbeda. Harga satu bungkus nasi lengko berkisar antara 3ribu sampai 5 ribu rupiah. Udah kenyang banget ini. Apalagi kalau untuk sarapan, porsinya pas banget.

Lengko SlawiNasi Bogana

Nasi Bogana ini semacam nasi campur. Dibungkus dengan daun pisang, membuat cita rasanya sedap sekali dan sangat alami. Bungkusannya lebih besar dari sega lengko. Harganya juga bervariasi dari 5ribu sampai 15ribuan, tergantung isinya. Nasi Bogana yang saya beli ini berada di belakan g PLN Slawi. Harganya 10 ribu. Berisi sambel tempe, oseng kacang panjang, telur seuprit. hihihi. Bumbunya nikmat meresapppp.

 

Nasi bogana

Nasi bogana

Es Lontrong

Es Lontrong

Ini minuman es yang sebenarnya kalau dilihat itu tampilannya biasaaa banget. Kuahnya berwarna merah muda, campuran sirup merah dan santan. Sepertinya memang sengaja menggunakan santan yang pecah. Diisi dengan agar-agar dan sedikit kacang hijau. Dan biasanya disisipkan satu lembar roti tawar untuk dicelup. Hmmm, walaupun tampilannya sangat sederhana, es lontrong segar sekali diminum saat siang hari.

So don’t judge book by its cover kalau bahasa kerennya.

Es Lontrong sangatlah legendaris. Saya harus rela mengantri saat membeli es lontrong seharga 4ribuan ini.

ANTOR

Antor ini cemilan kriuk-kriuk juga. Seperti kerupuk kecil yang diselimuti bumbu. Katanya sih ini adalah bumbu bawang. Selain Antor, cemilan kriuk-kriuk dari Slawi yang terkenal adalah pilus dan kacang bogares. Pilusnya gurih alami, tidak seperti pilus pabrikan yang banyak msg nya.

Olos

Olos mirip seperti bakwan sayur versi mini. Bentuknya bulat-bulat seperti tahu bulat. Ada cabai di dalamnya. Bahan dasarnya dari tepung.

Martabak Lebaksiu

Ayo perhatikan gerobak martabak yang banyak berjualan di pinggir jalan. Hampir di seluruh kota di penjuru Indonesia, tulisan di gerobak penjual martabak adalah : MARTABAK TEGAL.

Dan daerah martabak di kota ini ada di kecamatan Lebaksiu, tidak jauh dari kota Slawi. Kalau ke Slawi, sempatkan membeli martabak lebaksiu ya.

Sauto Tegal

Ini adalah jenis soto yang dicampur tauco. Rasanya gurih asem nano-nano deh. Yang terkenal adalah Sauto yang di belakang pos polisi belakang pasar senggol di Tegal. Kalau di daerah Slawi, ada Sauto Sedap Malam yang gak kalah ramainya. Sayangnya saya belum sempat memfoto sauto tegal ini secara langsung. Suasana yang ramai dan soto yang panas membuat terburu-buru untuk menyantap makanan lezat ini.

Tahu Aci, Tahu Pletok, Tahu Kuping

Aneka jenis tahu ada di Slawi. Tahu Aci adalah tahu yang tengahnya diisi aci (tepung sagu) lalu digoreng. Tahu Pletok adalah tahu yang dibuka lalu diberi aci, jadi aci tersebar dimana-mana. Pas digoreng bunyinya pletok pletok. Sedangkan Tahu Kuping adalah tahu yang dibelah diagonal menjadi dua bagian, lalu diberi adonan aci. Saat digoreng tahu adonan aci akan terlihat seperti kuping.

Rujak Teplak, Kupat Glabed, Nasi Ponggol Setan

Nah, next kita akan coba cicipi makanan ini ya. Dari namanya cukup menarik. Tapi saya belum sempat membelinya saat ini.

Oya, selain kuliner khasnya yang unik dan murah meriah, ada juga kebiasaan orang Slawi yang disebut dengan MOCI.

Moci yang dimaksud di sini bukan makan moci yang kue itu ya.

 

teh poci

 tradisi moci khas slawi ( sumber foto: wikipedia )

Moci di sini adalah kegiatan minum teh panas dari teko tanah liat (poci). Kegiatan minum teh dari poci ini menjadi kebiasaan warga Slawi. Terutama para lansia. Teh yang digunakan berupa teh yang diseduh air panas, disajikan jika sudah WASGITEL. Wangi Panas Sepet Legi Kentel. Ibu mertua saya masih melakukan tradisi ini. Saya sendiri kalau ke Slawi, jadi ikutan hobi ngeteh manis deh. Duhhh, bisa tambah manis deh saya #gr

Kalau anda masuk ke kota Slawi dari arah Tegal, anda akan disambut tugu poci. Bau harum teh  masih sering tercium terutama di pagi hari saat belum banyak asap kendaraan bermotor.

Sebagai kota yang berada di pantura, suhu udara di Slawi bisa dikatakan cukup panas. Tidak cocok untuk perkebunan teh yang biasanya ada di dataran tinggi. Tapi kota Slawi memiliki empat pabrik teh terbesar yang sudah dikenal baik di dalam maupun di luar negeri. Siapa yang tak kenal teh dengan merk : Teh Poci, Teh TongTji, Teh 2 Tang dan Teh Gopek. Menurut informasi yang beredar, di tahun 1940an , keempat pabrik ini berdiri hampir bersamaan, Dan mereka sama-sama memberikan sentuhan teh beraroma melati pada produksi tehnya.

Saya yang dulunya senang dengan teh celup pabrikan kota besar, setelah sering ke Slawi akhirnya ikut-ikut juga untuk menggunakan teh produksi Slawi ini.

Di saat saya haji tahun 2019 lalu, pemerintah membagikan kotak berisi gula, teh, kopi dan cangkir pada seluruh jamaah haji Indonesia. Dan teh yang dibagikan adalah salah satu merk teh produksi kota Slawi ini. Mengobati kerinduan akan tanah air deh rasanya.

Teh dari Slawi adalah teh yang sangat Indonesia banget. Ngangeni dan bikin nagih. Sekali-kali anda harus coba ya. Dan siap-siap untuk ketagihan.

Well Bunds,

Jika suatu saat anda melintasi kota Slawi atau kota Tegal, sempatkan untuk mencicipi kuliner unik dan enak dari Slawi ini ya.

Atau mampir ke Fresh Milk Wong Slawi di jl Mayjen Sutoyo 85 A, Slawi. Siapa tahu kita bisa ketemuan.

bundastory

14 comments
2 likes
Prev post: ALL ABOUT LIEBSTER AWARDNext post: REKOMENDASI WEB HOSTING UNTUK PEMULA

Related posts

Comments

  • Damar Aisyah

    Juli 4, 2020 at 6:59 am
    Reply

    Teh Poci panas sama Sauto Tegal dimakan hangat-hangat di alun-alun kota Tegal, waduh nikmatnya. Itu cerita sekitar 2009, saat masih lajang. Mbolnag ke Tegal dan […] Read MoreTeh Poci panas sama Sauto Tegal dimakan hangat-hangat di alun-alun kota Tegal, waduh nikmatnya. Itu cerita sekitar 2009, saat masih lajang. Mbolnag ke Tegal dan bener2 gak tau harus ke mana. Tapi seru banget, apalagi kulinernya enak2. Read Less

  • Sitatur Rohmah

    Juli 4, 2020 at 6:26 am
    Reply

    Teh gopek favorit saya tuh bun.. . Aromanua khas banget. Suka kalau buka puasa pakai teh ginasthel dari gopek. Alhamdulillah.... nikmatnyaa. Ternyata produk […] Read MoreTeh gopek favorit saya tuh bun.. . Aromanua khas banget. Suka kalau buka puasa pakai teh ginasthel dari gopek. Alhamdulillah.... nikmatnyaa. Ternyata produk kulinernya cukup banyak ya? Kapan2 kalau pas lewat pengen coba beberapa ah. Thanks infonya Read Less

  • Amel

    Juli 3, 2020 at 11:16 pm
    Reply

    Saya tuh kok familiar ya dengan nama Bogana. Itu porsinya pas banget buat saya. Aduh jadi ngiler.

  • Arsita Rahadiyani Loekito

    Juli 3, 2020 at 6:15 am
    Reply

    Membaca tentang kuliner Slawi ini jadi membuatku kangen rumah, Mbak. Sate batibul ini berarti dinamakannya memang berdasar usia kambing yang disembelihnya ya, Mbak? Untuk pabrik […] Read MoreMembaca tentang kuliner Slawi ini jadi membuatku kangen rumah, Mbak. Sate batibul ini berarti dinamakannya memang berdasar usia kambing yang disembelihnya ya, Mbak? Untuk pabrik teh, berarti pasokan bahan baku pabrik teh di Slawi, berasal dari perkebunan daerah mana, Mbak ? Read Less

    • MasyaaAllah, betapa Allah menciptakan segala sesuatu itu unik sehingga tercipta keragaman yang mengagumkan. Nama2 produk kuliner yang Mbak sebutkan tu banyak yang baru saya tahu. […] Read MoreMasyaaAllah, betapa Allah menciptakan segala sesuatu itu unik sehingga tercipta keragaman yang mengagumkan. Nama2 produk kuliner yang Mbak sebutkan tu banyak yang baru saya tahu. Jadi pengen jelajah rasa... Terutama nasi bogana dan es lontong...hmmm Read Less

  • Hastira

    Juli 2, 2020 at 8:00 pm
    Reply

    penasaran dg es lotronnya, suak ke slawi kaapn diajak besan yang orang tegal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *