Ayam Crispy Telur Asin : Resep Masakan Praktis ala Bundastory.com

Hai, Bunds.

Adakah yang malam sebelum tidur udah mikirin besok mau sarapan apa? Trus pas pagi harinya, (belum juga selesai sarapan) udah bingung lagi mau masak apa buat menu makan siang dan makan malamnya. Dududu… sini sini toss dulu sama bundo. Rasanya semua menu andalan udah keluar ya? Telur, tempe, bayam, kangkung, wortel, ayam, daging, ikan, semua udah diolah. Belum lagi deretan frozen food dan mie instan yang juga sudah eksis di tiap pagi.

Sebagai seorang ibu dan istri yang baik, kita memang dituntut untuk kreatif di dapur. Tujuannya apalagi kalau bukan agar anak senang, hati tenang, karena suami pun tambah sayang. Eaaaa. Jadi ratu dapur gitu deh ^-^

Nah, kali ini bundastory.com mau berbagi resep makanan praktis nih, Bunds.

Resep Praktis Ayam Crispy Telur Asin ala Bundastory.com

Saya dan anak saya, aslinya gak suka makan telur asin. Tapi kalau diolah seperti ini, duh lahap banget. Padahal kami sering dapat kiriman telur asin. Suami saya berasal dari kota Tegal. Telur asin menjadi salah satu pilihan oleh-oleh dari kota bahari ini. Belum lagi kalau kami juga ikut mudik ke Tegal, telur asin pasti selalu ada di rumah mamer alias mama mertua. Saya menyebutnya kuliner unik dari Slawi. Rasanya sungkan mau bilang kalau saya gak suka telur asin. Tapi emang saya beneran gak bisa makan telur asin yang langsung di sendokin di cangkangnya gitu. Rasanya aneh gitu deh.

Tapi berkat resep ini, sekarang kalau mudik ke Tegal dan menemukan telur asin di rumah mamer (mama mertua), saya langsung deh beraksi dan pamer masakan Ayam Crispy Telur Asin ala bundo. Yeayyy ^-^

Yuk ah, Bunds kita siapin bahan-bahannya dulu.

Bahan Ayam Crispy Telur Asin :

resep masakan

  1. 250 gr Dada ayam fillet  (saya lebih sering pakai olahan ayam yang sudah dibekukan alias nugget dada ayam atau ayam karage).
  2. Tepung bumbu ayam goreng crispy (skip kalau bunda menggunakan frozen food siap saji ya)
  3. Minyak goreng secukupnya (kurang lebih 4 sendok makan)
  4. 3 siung bawang putih di cincang/geprek.
  5. 3 butir telur asin.
  6. Daun bawang

Sedikit banget kan bahan-bahannya, Bunds? Dan ini mudah sekali ditemukan di abang-abang sayur.

Lanjut yuk ke cara pembuatannya.

CARA MEMBUAT AYAM CRISPY TELUR ASIN

  1. Balurkan ayam ke tepung bumbu ayam goreng crispy sesuai petunjuk di kemasan. Lalu goreng sampai berwarna kuning keemasan. Jika menggunakan frozen food nugget / chicken karage bisa langsung di goreng saja dengan minyak panas ya.
  2. Tiriskan dan sisihkan ayam yang sudah di goreng.
  3. Kupas telur asin lalu pisahkan yang putih dan kuningnya. Bagian kuning di haluskan (bisa menggunakan sendok) dan yang bagian putih di potong kotak-kotak kecil, ya.
  4. Panaskan minyak goreng
  5. Tumis bawang putih hingga tercium bau harumnya
  6. Masukkan kuning telur yang telah dihaluskan, kecilkan api.
  7. Tambah sedikit air, tunggu hingga mendidih agar menjadi saus  yang kental.

bahan resep masakan

8. Tuangkan saus telur asin di atas ayam yang telah digoreng crispy. Jangan lupa putih telur juga bisa langsung di campur.

9. Taburi irisan daun bawang untuk menambah cita rasa dan kecantikannya.

10. Dan, Taraaa… Ayam Crispy Telur Asin siap untuk dinikmati.

Sajikan dengan nasi panas. Atau bisa juga disajikan dengan model rice bowl ala-ala resto. Anak-anak jadi tambah semangat makannya, loh.

Contohnya seperti ini :

Resep telur asin

Resep ini jadi andalan saya karena sangat simple dan praktis. Apalagi kalau menggunakan produk olahan ayam siap saji (frozen food). Gak sampai 30 menit, sajian nikmat dan lezat ini sudah terhidang cantik di meja makan.

Gimana, Bunds? Tertarik untuk mencoba?  Kabari saya ya kalau sudah berhasil merecook resep makanan Ayam Crispy Telur Asin ala bundastory.com ini.

Oya, artikel ini dibuat untuk memenuhi tantangan Pasukan Blogger Joeragan Artikel bulanMei 2021, tema ” Resep Masakan “. Selamat memasak dari rumah ya, Bunds.

Healthy living, Happy You 🙂

bundastory

 

 

7 comments
3 likes
Prev post: KENALI JENIS PENDIDIKAN YANG SESUAI UNTUK GENERASI MILENIALNext post: Berburu Resep Masakan Sehat Bagi Pasien Stroke via Yummy App

Related posts

Comments

  • Andriani SN

    Juni 14, 2021 at 6:29 am
    Reply

    Nah, ini cocok buat saya. Resep ayam yang simple dan praktis. Makasih resepnya mbak :)

  • Rohmah

    Juni 10, 2021 at 4:09 pm
    Reply

    Saya suka banget telur asin.. Apalagi kalau dapat yg kuning telurnya udah melebur.. Sejak di luar negeri malah susah dapat telur asin, bikin sendiri juga […] Read MoreSaya suka banget telur asin.. Apalagi kalau dapat yg kuning telurnya udah melebur.. Sejak di luar negeri malah susah dapat telur asin, bikin sendiri juga pake telur ayam. Makasih resepnya ya mba 😘 Read Less

    • bundastory
      to Rohmah

      Juni 11, 2021 at 8:24 pm
      Reply

      Sama sama mba Rohmah. Terima kasih sudah mampir disini. Happy cooking

  • Hani

    Juni 9, 2021 at 11:34 am
    Reply

    Duuduuu...toss deh. Aku pun engga doyan telur asin gelundung yang dimakan gitu aja, walaupun sebagai lauk teman rawon. Uhuk... Tapi doyan aja kalau dimasak cumi telur […] Read MoreDuuduuu...toss deh. Aku pun engga doyan telur asin gelundung yang dimakan gitu aja, walaupun sebagai lauk teman rawon. Uhuk... Tapi doyan aja kalau dimasak cumi telur asin, udang telur asin, ayam telur asin, dll. Rupanya telur asin, kuningnya dimasak jadi kayak saus kental toh? Kirain selama ini telur asin mentah lhoh... Makasih resepnya...Besok-besok kalo mang Sayur bawa telur asin aku beli buat variasi ayam goreng krispi deh... Read Less

    • bundastory
      to Hani

      Juni 11, 2021 at 8:25 pm
      Reply

      Yeayyy. Toss kita bun. Yuk masak yuuuk

  • Dian Restu Agustina

    Juni 9, 2021 at 7:15 am
    Reply

    Bikin ayam berbumbu telur asin dari bumbu instan, jadi kurang jreng rasanya Kalau dari telur asin asli pasti mantap sekali Wajib dieksekusi ini!

    • bundastory
      to Dian Restu Agustina

      Juni 11, 2021 at 8:26 pm
      Reply

      Yes mba Dian. Cobain pas wiken ini ya. Rasanya ga kalah ama resto2 kekinian itu kok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *