Berburu Resep Masakan Sehat Bagi Pasien Stroke via Yummy App

Mei 2020

stroke

Saya tertegun membaca chat di  whatsapp grup bersama kakak-kakak saya. Kami sedang membicarakan kondisi kesehatan mama. Perasaan cemas, sedih, takut dan khawatir bercampur menjadi satu. Bagaimana tidak? Mama memang belakangan ini sering mengeluhkan sakit kepala yang hebat dan tiba-tiba, mual muntah seperti orang masuk angin, juga berkeringat dingin. Tapi kami semua tidak menyangka kalau itu merupakan gejala hipertensi a.k.a tekanan darah tinggi.

Apakah hipertensi bisa menyebabkan stroke?

Ya! Hipertensi dapat mengganggu pembuluh darah

yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penyakit stroke juga jantung.

Medio November 2020

Mama batuk-batuk, mulai tidak  nafsu makan dan demam. Mau periksa ke rumah sakit, tapi mama tidak nyaman. Berita di televisi menggambarkan suasana rumah sakit  yang penuh dengan penanganan kasus pandemi.

Seminggu berlalu dan kondisi mama masih belum ada kemajuan. Akhirnya kami sedikit merayu dan “memaksa” mama agar mau periksa ke dokter spesialis. Mengunjungi rumah sakit dalam masa pandemi dengan kondisi mama yang sedang demam, membuat kami harus melakukan rapid test terlebih dahulu sebelum bertemu dengan dokter. Baru setelah itu bisa konsultasi dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Benar-benar menguras tenaga, terutama untuk lansia yang memang sedang tidak fit badannya. Tapi mau bagaimana lagi, memang begitu prosedurnya. Dan hasil pemeriksaan hari itu, mama didiagnosa typhus. Dokter meresepkan beberapa obat untuk persediaan di rumah. Kami merasa cukup lega karena mama sepertinya tidak menderita penyakit yang terlalu serius.

Tapi takdir berkata lain.

Beberapa hari kemudian, secara mendadak mama jatuh, tak sadarkan diri dan segera dilarikan ke IGD.

Mama Stroke!

Benar-benar terkena serangan stroke pertama.

Dunia serasa runtuh mendengar berita ini.

Tubuh bagian kanannya melemah. Begitu pula dengan kemampuan bicaranya.

Makan dan minum harus dilakukan melalui sonde.

Sekitar 10 hari mama di rawat di rumah sakit. Selama itu pula kami sekeluarga dirundung kesedihan yang begitu mendalam. Berdebar-debar melihat kemajuan fisik maupun psikis mama dari waktu ke waktu. Mama yang dulunya lincah, hobi memasak, hobi merajut, senang bercerita kini terbaring lemah tak berdaya, tanpa suara.

Hingga tiba saat mama diperbolehkan melakukan rawat jalan, kami melakukan persiapan sebaik mungkin. Mulai dari kursi roda, tempat tidur khusus, akses ke kamar mandi dan juga jadwal mendampingi beliau. Semuanya sudah terencanakan dengan baik.

Hingga di hari H kedatangan mama, ternyata ada satu hal penting yang belum kami siapkan.

Menu Makan bagi Pasien Stroke

Ya. Kami belum siap mengenai menu makan untuk pasien stroke. Terlebih bagi mama yang baru saja keluar dari rumah sakit dan lepas dari sonde. Tentunya butuh asupan gizi yang baik dan yang mudah dicerna.

Apakah ada pantangan bagi penderita stroke?

Dokter hanya mengingatkan untuk menghindari makanan-makanan instant, fast food, makanan tinggi garam juga tinggi gula.

Dari literatur yang saya dapatkan,  American Stroke Association dan The American Heart Association merekomendasikan makanan bagi penderita stroke sebagai berikut :

  • Sayur-sayuran terutama sayuran hijau
  • Buah-buahan seperti jeruk, pisang, apel, pir.
  • Biji-bijian/serealia, kacang-kacangan seperti kacang merah, roti gandum.
  • Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan seperti nila, lele, tuna dan salmon.
  • Daging sapi dan unggas tanpa lemak tanpa kulit.
  • Produk susu rendah lemak seperti yogurt bebas lemak untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, juga diperlukan makanan yang kaya akan asam folat; vitamin B6, B12, C, dan E.

Disebutkan juga bahwa  makanan yang tinggi kalium dan magnesium dapat menurunkan risiko stroke dan memperbaiki fungsi tubuh setelah stroke. Seperti kacang almond, tomat, jeruk, pisang, sereal, ubi jalar, dan bawang putih.

Tips agar Kebutuhan Gizi Pasien Stroke Tetap Terpenuhi

Setelah serangan stroke, selera makan mama menurun drastis. Dan ini memang banyak dialami oleh pasien stroke lainnya. Selain refleks mengunyah dan menelan yang masih harus terus dilatih, menu makan yang mudah dikonsumsi juga terasa kurang variatif. Kami sangat-sangat tidak berpengalaman dalam hal ini dan mulai menggali informasi tentang resep masakan dan memilih menu makanan sehat bagi pasien stroke.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar selera makan pasien stroke kembali membaik. Diantaranya adalah :

  • Masaklah makanan sehat dengan cara menggunakan bumbu masak yang sedap dan tercium harum aromanya, seperti daun jeruk dan bumbu masak lainnya.

  • Kurangi penggunaan garam dan gula dengan cara menggunakan bahan masakan yang sudah memiliki citarasa manis dan asin dari aslinya.
  • Agar mudah dikunyah dan ditelan, potong sayuran ataupun ikan-ikanan dalam ukuran kecil. Pilih makanan pelengkap yang lembut seperti oatmeal, pisang dan yogurt. Dan jangan lupa untuk membuat masakan berkuah yang segar dan tidak berlemak jahat.
  • Menyajikan makanan dalam bentuk yang menarik, misalnya  sup dengan aneka sayuran seperti wortel, brokoli, dan tomat.
  • Menyajikan menu masakan yang variatif.

Dalam kondisi seperti ini, mau tak mau kami harus menyiapkan menu terbaik untuk mama.

Menjaga asupan makanan yang sesuai dengan yang dibutuhkan penderita stroke dapat mencegah adanya keluhan sakit yang lain seperti kolestrol, diabetes, hipertensi, nyeri sendi maupun obesitas. Dan juga bisa mencegah kemungkinan serangan stroke berikutnya.

Awalnya hanya sayur sop lalu sayur bening bayam, sayur sop lalu sayur bening bayam, begitu terus menunya. Sangat membosankan tentunya. Jangankan bagi mama yang akan menyantapnya, kami yang memasaknya juga bosan. Ibu penjual sayur juga sampai hafal sayuran yang akan saya beli.

Hingga akhirnya saya bertemu dengan sebuah Aplikasi Penyedia Resep Masakan termudah dan terlengkap.

Aplikasi ini bisa di unduh dari gawai android maupun Ios. Free alias gratis.

Penasaran dengan nama aplikasinya?

Baiklah, saya infokan disini ya 🙂

Nama aplikasinya adalah  YUMMY App

Apa bedanya Yummy App dengan aplikasi sejenis lainnya?

Yummy App adalah salah satu aplikasi mobile yang hadir sejak 8 Mei 2019. Yummy App menyediakan resep masakan yang bervariasi dan menjadi sahabat terbaik untuk #MasakDiRumahAja . Yummy App menjadi solusi untuk masak jadi lebih menyenangkan karena #MasakItuGampang.

Yummy App sangat berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, karena Yummy App memiliki banyak fitur yang mudah untuk digunakan. Apa sajakah itu?

Fitur-fitur unggulan di Yummy App

1. Fitur Memilih Bahan Makanan

Saya sangat tertolong sekali dengan adanya fitur memilih bahan dari Yummy App. Ini fitur favorit saya. Melalui fitur ini, kita bisa mencari resep masakan berdasarkan kategori bahan makanan yang kita inginkan. Bahkan kita juga bisa cari resep masakan berdasarkan bahan yang kita punya di kulkas.

Fitur Memilih Bahan Makanan ini menjadi andalan saya dalam menyiapkan menu masakan untuk mama. Banyak pilihan resep masakan yang sesuai dengan yang dibutuhkan pasien stroke. Dan yang bikin saya semakin jatuh cinta dengan Yummy App ini adalah karena saya bisa dapatkan resep terbaik kapan saja dan dimana saja.

resep stroke

Anytime Anywhere, tinggal buka hape.

Gak ada lagi alasan kalau pas belanja bahan makanan trus bingung karena catetan belanjanya ketinggalan.

2.  Fitur Budget

Wahhh ini juga fitur yang paling unik dari Yummy App.

Berapa budget belanja hari ini? Bingung dengan budget segitu mau masak apa?

Bahkan disediakan juga pilihan resep masakan dengan budget dibawah 10.000 rupiah, loh.

Gak percaya?

Di menu home yang paling atas, kita bisa melakukan search and filter resep masakan.

Ketikkan saja satu jenis bahan makanan yang akan kita olah. Misalnya: tempe.

Begitu kita klik tempe, akan keluar banyak resep masakan berbahan dasar tempe. Ada pilihan di bagian atas untuk filter resepnya. Pilih yang ada tulisan : <10.000

3. Fitur Ide Jualan

Wah, Yummy App keren banget nih. Yakin gak tergoda untuk memulai berbisnis di bidang kuliner? Cari saja resepnya di fitur Ide Jualan, Dijamin Laku. Ada banyak sekali resep yang bisa kita ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi) untuk membuka peluang usaha. Sudah banyak  yang membuktikan lho. Sekarang giliran kamu, ya 🙂

Memilih Bahan Makanan

4. Fitur Kategori Trending

Di menu Home, ada fitur Trending. Kita bisa mendapatkan resep masakan yang lagi trend saat ini melalui fitur trending. Resep-resepnya tentu sudah teruji, karena ada seleksi dari tim Yummy App untuk kiriman resep yang masuk.

Jadi jangan khawatir dengan resep abal-abal deh.

5. Fitur Tulis Resep

Di Yummy App, kita akan disapa dengan sapaan Chef loh. Dan Yummy App sudah menyiapkan template yang sangat mudah untuk para penggunanya dalam menulis resep andalan. Setelah di upload, tim Yummy App akan meninjau dan memberikan waktu revisi jika memang diperlukan. Jika semua sudah oke, bisa langsung tayang deh. Itu kenapa tadi saya bilang, kalau resep masakan di Yummy App bukan resep abal-abal.

Sah jadi chef beneran ya kalo sampai resep masakannya bisa tayang di Yummy App.

6. Fitur Kode Referral

Masuk ke bagian Akun (ada di pojok kanan bawah halaman utama) untuk mendapatkan kode referral kamu. Bagikan ke sahabat, teman, saudara dan siapa saja yang membutuhkan aplikasi ini. Kamu akan mendapatkan uang jika ada yang mendownload aplikasi Yummy App ini dengan memasukkan kode referral milikmu.

kode referral

Menarik kan, Bunds? Bisa buat nambah-nambah uang dapur loh.

Selain dengan berbagi Kode Referral, Yummy App juga bisa menghasilkan cuan loh. Gimana caranya?

Simak tipsnya dibawah ini, ya!

Sebenarnya masih banyak lagi fitur menarik di aplikasi Yummy App ini. Semuanya bermanfaat. Sebut saja fitur resep masakan Jelajah Kuliner Nusantara, Kreasi Makanan Ala Korea dan Rekomendasi Resep Makanan yang pastinya sudah well approved. Tips-tips perdapuran yang sebelumnya kita gak pernah tau, juga ada di Yummy App ini.

Jadi gimana? Udah mulai ga sabar kan buat seseruan bareng di Yummy App?

Yummy App ini benar-benar memberikan solusi untuk segala “perjuangan” kita di dapur selama ini ya? Makanya jangan sampai gak download aplikasi ini di gawai kamu. Fitur-fiturnya terlalu keren untuk diabaikan.

Ayo mulai dari download aplikasinya dulu, cari resep yang dibutuhkan, siapkan bahan dan langsung turun ke dapur untuk sajikan menu masakan terbaik.

Sayapun sekarang akhirnya banyak bergantung dari aplikasi ini. Terutama untuk memenuhi kebutuhan gizi mama yang sedang dalam perawatan stroke.

Bahagia itu saat mereka yang kita sayangi selalu dalam keadaan sehat.

Kalau dulu mama yang selalu menyiapkan masakan enak untuk anak cucunya, mungkin saat ini memang giliran kami yang harus melayani mama.

Food is symbolic of love when words are inadequate

With love,

 

3 comments
1 like
Prev post: Ayam Crispy Telur Asin : Resep Masakan Praktis ala Bundastory.com

Related posts

Comments

  • Aisyah Dian

    September 6, 2021 at 3:19 am
    Reply

    Masak masakan sehat anti ribet ribet club kalau pakai yummy app ya

  • fuatuttaqwiyah

    Agustus 30, 2021 at 4:35 am
    Reply

    baru tahu kalau ada menu Yummy App aad yang bisa untuk penderita stroke. jadi makin lengkap nih menu pilihannya.

  • Hani

    Agustus 25, 2021 at 12:20 pm
    Reply

    Mama mertuaku dulu juga pernah stroke. Sama ... jatuh juga dan pipinya merot, tapi sebelah kiri. Dietnya memang harus dijaga sih. Sayangnya dulu belum ada Yummy […] Read MoreMama mertuaku dulu juga pernah stroke. Sama ... jatuh juga dan pipinya merot, tapi sebelah kiri. Dietnya memang harus dijaga sih. Sayangnya dulu belum ada Yummy App, jadi bingung aja mau masak apa. Akibatnya Mama mertua malah mogok makan, engga doyan, kalau terlalu dibatasi kaaan... Mungkin anak-anaknya yg engga pinter mengolah...haha... Semoga Mama mbak Dhika sehat selalu yah... Read Less

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *