TRAVELING YUUK!

INI TEMPAT TRAVELING YANG BAKAL BIKIN KAMU KETAGIHAN

– COCOK BUAT FAMILY TRAVELING –

Tahun 2020-2021 ini mungkin banyak yang mencoret jadwal Traveling dari agenda dan wish listnya. Kondisi pandemi yang masih belum bisa dinyatakan aman membuat gejolak untuk jalan-jalan harus ditahan dulu demi kebaikan bersama. Persyaratan bepergian pun saat ini memiliki banyak prosedur yang harus dilengkapi. Apalagi kalau mau traveling bersama anak-anak dan orang tua. Sepertinya harus bersabar dulu, ya.

Daripada gigit jari karena belum bisa jalan-jalan, gimana kalau kita traveling virtual aja? Saya akan tunjukkan tempat traveling yang paling berkesan, yang bakal bikin kamu pengen balik lagi kesana lagi lagi dan lagiiii. Dan ini cocok sekali buat family traveling, lho!

Bersyukur saya pernah mengunjungi tempat ini menjelang tahun baru 2019 yang lalu. Tempat yang menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa, kota yang modern, menyimpan banyak sejarah dunia, bahkan jejak peradaban Islam pun bisa kita rasakan di sini.

Bisa tebak dimanakah tempatnya?

1

2

3

Yesss!

TURKI!

Kota lintas benua di Eurasia yang membentang melintasi Selat Bosporus, di antara Laut Marmara dan Laut Hitam. Kota yang terbagi menjadi dua sisi, sisi Eropa dan sisi Asia. Yang dulu dikenal dengan nama Bizantium atau Konstatinopel. Bahkan UNESCO telah mendata sebagian pusat sejarah yang ada di Turki sebagai situs warisan dunia. Istanbul menjadi wisata paling populer kelima di dunia, terlebih setelah ditetapkan sebagai Ibukota Kebudayaan Eropa. Termasuk di dalamnya adalah Blue Mosque, Hagia Sophia dan Istana/ Museum Topkapi. Dan hampir semua destinasi wisata di Turki sangat cocok untuk Family Traveling.

Yuk kita intip dulu tempat-tempat di Turki yang wajib banget untuk dikunjungi!

  1. BLUE MOSQUE

blue mosque

Pic: Blue Mosque Istanbul by istanbul.com

Ini adalah Masjid yang sangat megah dan menjadi icon di Turki. Belum ke Turki kalau belum ke Blue Mosque. Terletak dalam satu kawasan besar tak jauh dari Topkapi Palace dan Hagia Sophia. Keindahan aristektur Blue Mosque  mampu membius para pengunjungnya. Di malam hari, lampu masjid akan menyala memancarkan warna biru yang sangat mempesona. Tak hanya umat muslim yang dapat menikmati indahnya Blue Mosque.

  1. TOPKAPI PALACE

Disini berdiri istana megah dan bersejarah Turki jejak kejayaan Sultan Ottoman. Di bangun sekitar tahun 1459. Bagi yang beragama Islam, perjalanan di Topkapi ini akan membawa kita pada jejak peradaban Islam yang luar biasa.

Saya sempat menuliskan hikmah perjalanan religi di Topkapi ini dalam sebuah buku antologi berjudul Survive for Life. Saya kutipkan sedikit kisah tentang Topkapi dari tulisan saya di buku tersebut ya.

       Buku : ” Survive For Life ” halaman 69

 

Kami menuju antrian Hirkai Serif Odasi (Chamber of The Holy Mantel). Di dalamnya terdapat benda-benda bersejarah yang disimpan Sultan Mehmet sejak tahun 1517 silam. Pemeriksaan cukup ketat untuk memasuki tempat ini.  Pengunjung tidak diperkenankan mengeluarkan gawai atau kamera saat ada di dalam ruangan. Tapi, ya tetap saja ada yang mencuri-curi kesempatan. Sedangkan aku, harus puas menyimpannya dalam memori otakku saja.

Hatiku mendadak bergemuruh. Lantunan ayat suci Alquran terdengar begitu indah. Konon katanya di ruangan ini ada 3 orang yang bergantian membaca Al Quran selama 24 jam. Dan ini telah berlangusng sejak Istana Topkapi berdiri. Masuk ke dalam ruangan ini membuka ingatan tentang Makkah. Ada Talang Emas dan Pintu Ka’bah. Masuk lebih dalam lagi, ada peninggalan Rasulullah SAW seperti mantel suci, rambut dari janggut Nabi, pedang, gigi yang tanggal saat Perang Uhud, busur dan jejak telapak kaki Rasulullah yang dipahat di batu. Masya Allah, air mataku menitik. Sosok yang dirindukan semua umat muslim seakan berdiri dihadapanku. Teriring salam dan shalawat untukmu wahai Nabi. Rindu kami padamu Ya Rasulullah. Allahumma shallii ‘ala Sayyidina Muhammad.

Menjejak bagian lain di ruangan ini, kusaksikan langsung tongkat Nabi Musa yang digunakan untuk membelah lautan. Juga pedang dan baju kekhalifahan para sahabat (Umar bin Khatbin Abi Thalib dan Ustman bin Affan).

Menuju pojok museum Topkapi, mataku tertaut pada jubah besar berwarna coklat. Ini adalah pakaian Fatimah RA. Hatiku kembali merindu. Sayyidah Fatimah RA, putri Rasulullah SAW. Wanita yang sangat cantik, berakhlak mulia, santun, sabar, suka menolong, penyayang dan patuh dengan suami. Salah satu wanita ahli surga yang telah dijanjikan Allah.  Kisah-kisah hebat tentang beliau berkelebat dalam benakku. Ya Allah, mampukan aku meneladani beliau. Menjadi wanita yang juga dirindu surga.

  1. HAGIA SOPHIA

    Hagia Sophia

    Hagia Sophia/ Aya Sofia (doc. pribadi)

Saat saya mendatangi Hagia Sophia Januari 2019, kita masih bisa masuk dengan leluasa ke bagian dalamnya. Sekilas sejarah Hagia Sophia, tulisan Allah dan Muhammad SAW terlukis indah, dan disebelahnya pun ada lukisan Bunda Maria dan Yesus. Dulu, ini adalah bangunan gereja. Setelah perang salib berakhir dan Konstatinopel jatuh ke Kaisaran Ustmaniyah, maka fungsi Hagia Sophia berubah menjadi masjid. Sampai saat ini kita masih bisa melihat mihrab, mimbar, air mancur untuk berwudhu dan peninggalan lainnya yang membuktikan bahwa tempat ini pernah menjadi masjid selama 500 tahun. Di Tahun 1934, pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Atatürk merestorasi gereja dan masjid zaman Konstantinopel menjadi museum, salah satunya adalah Hagia Sophia ini.

Dan di tahun 2020 kemarin, Alhamdulillah wa Syukurillah, Hagia Sophia resmi telah kembali difungsikan sebagai masjid. Hal ini membuat keharuan dan kebahagiaan yang teramat sangat bagi warga muslim Turki dan dunia.

Aya Sofia

Bagian dalam Hagia Sophia (2019). Saat ini bagian ini telah menjadi bagian utama masjid Hagia Sophia.-doc. pribadi

  1. BURSA

When in Bursa (doc.pri)

Paling seru datang ke Bursa itu di akhir-awal tahun saat Turki sedang musim dingin. Bisa main salju sepuasnya di sana. Apalagi kalau bawa anak-anak ya. Mereka pasti seneng banget.

Kita juga bisa naik Cable Car di Uludag untuk menikmati salju dan pemandangan indah Bursa dari ketinggian.

Kota Bursa juga terkenal sebagai tempat kuliner yang lezat. Buat penyuka kebab, jangan lupa untuk mampir di Kebapci Iskender. Ini adalah tempat di mana pertama kali kebab diciptakan oleh Iskender Efendi.

Pemandangan dari Cable Car Uludag -Bursa- (doc.pribadi)

Siapkan mantel tebal, sepatu boot, sarung tangan dan topi hangat agar tidak kedinginan ya.

Saya sempat menghangatkan tangan saat mampir di sebuah masjid di perjalanan saat menuju Bursa.

lumayan bisa menghangatkan tangan yang membeku

  1. CAPPADOCIA

Mau naik balon udara? Mau melihat situs bebatuan unik khas bangunan kuno Turki?

Cappadocia lah tempatnya. Lelah menempuh perjalanan darat sekitar 12jam dari Istanbul langsung terobati karena tempat ini benar-benar sangat eksotis dan tak akan terlupakan.

Salah satunya di daerah Goreme, dimana bangunan di sana terbuat dari pahatan batu. Letaknya pun di lembah-lembah. Sungguh bak melihat keajaiban dunia berada di sini.

Bangunan asli dari pahatan batu di Goreme, Cappadocia (doc. pribadi)

  1. BOSPHORUS BRIDGE

Jembatan Bosphorus menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Turki. Jembatan ini menghubungkan antara Istanbul bagian Eropa dan Istanbul bagian Asia. Kita bisa menggunakan semacam kapal pesiar/cruise untuk menyusuri Bosphorus. Dari bagian atas kapal, kita bisa melihat Asia dan Eropa secara bersamaan. Berdiri di dek atas yang terbuka, ditemani desir angin dan burung-burung yang beterbangan hilir mudik di tumpukan sang mega. Disuguhi pemandangan istana bergaya Eropa di jaman Ottoman yang sangat eksotis, lalu meneriakkan namamu sekencang-kencangnya di sana. Ahh, sungguh sangat indah dan romantis. Pastikan bawa pasanganmu saat berada di tempat ini ya.

Di atas kapal menyeberangi Bosphorus

  1. GRAND BAZAAR

Dan ini adalah tempat terfavorit para wisatawan untuk berbelanja. Mana lagi kalau bukan Grand Bazaar. Jangan bayangkan bentuknya seperti mall ya. Grand Bazaar adalah tempat perbelanjaan yang sudah sangat tua tapi sangat terawat. Kita bisa membeli aneka pernak pernik khas Turki. Mulai dari makanan, minuman, rempah, baju sampai aneka souvenir dan cinderamata. Siapkan Liramu sebelum ke tempat ini. Dan awas kalap. Banyak sekali souvenir lucu dan murah di Grand Bazar.

Oya, selain ketujuh tempat di atas, Turki masih menyimpan banyak sekali tempat wisata yang sangat indah. Sebut saja pemandian air panas Pamukkale, Konya dengan tarian Sufinya, Blue Lagoon dengan pemandangan lautnya yang indah, Ephesus yang menyajikan reruntuhan kota tua zaman romawi yang sangat indah dan masih banyak lagi. Di musim panas, kita juga bisa menyaksikan indahnya tulip bermekaran di mana-mana.

Kalau sudah pernah ke Turki, pasti kamu bakal ketagihan untuk datang lagi, lagi  dan lagiiii.

Nah, mumpung sekarang kita masih di rumah aja, budget jalan-jalan kan masih aman nih. Gimana kalau setahun ini kita nabung dulu? Biar nanti pas kondisi sudah kondusif, pandemi sudah berlalu, keadaan sudah aman dan nyaman untuk traveling, kita sudah siap dengan dana travelingnya.

Oya, Kemarin saya ke Turki bareng rombongan backpacker. Tapi gak berarti tidur di emperan loh ya. Alhamdulillah tetep bobok cantik di hotel. Bahkan di hotel bintang 4 dan bintang 5. Ini beberapa penampakan hotel yang sempat kami singgahi. Ada yang di Ankara, ibu kota Turki. Ada yang di Istanbul. Kami berpindah hotel sesuai rute perjalanan, karena jarak satu kota wisata ke kota yang lain cukup jauh.

Yuk ah nabung. Saya juga lagi nabung kok. Mau bawa anak-anak dan mama-papa.Family trip gitu deh. Dan pengennya, sebelum ke Turki bisa mampir Mekkah Madinah untuk umroh dan ziarah dulu seperti rute saya kemarin. Jadi satu kali jalan bisa banyak negara terlampaui. Mumpung masih dikasih waktu, dikasih sehat, ga ada salahnya untuk memberi reward untuk diri sendiri dan keluarga dengan traveling.

“Travel. Your money will return. Your time won’t.”

bundastory

Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting

22 comments
6 likes
Prev post: EPISODE MENTAL HEALTHNext post: 7 Alasan Membaca Buku Itu Penting Bagi Ibu Rumah Tangga

Related posts

Comments

  • nursini rais

    Januari 25, 2021 at 1:41 pm
    Reply

    Membaca artikel ini serasa ikut ke sana Mbak. Selamat malam.

  • Indri Ariadna

    Januari 25, 2021 at 5:43 am
    Reply

    Turki ini penuh dengan kearifan timur ya. Ngerti Turki gara2 nonton drama apa gitu lupa judulnya. Mungkin bisa di sharing mbak rombongannya pakai tour guide […] Read MoreTurki ini penuh dengan kearifan timur ya. Ngerti Turki gara2 nonton drama apa gitu lupa judulnya. Mungkin bisa di sharing mbak rombongannya pakai tour guide apa gitu siapa tahu yang baca artikel ini jadi pengen ke Turki kan?? Read Less

  • Imawati Annisa

    Januari 25, 2021 at 4:11 am
    Reply

    Waa senang sekali kalau berkesempatan ke Turki. Semoga ada rejeki dan usia bisa ke sana bareng keluarga yaa 😍

  • Rindang Yuliani

    Januari 25, 2021 at 3:51 am
    Reply

    Turki ini memang unik ya. Kita bisa jadi hidup di dua benua dalam sekejap. Kecantikan tempat dan bangunan2nya juga perpaduan antara Asia dan Eropa. Subhanallah. […] Read MoreTurki ini memang unik ya. Kita bisa jadi hidup di dua benua dalam sekejap. Kecantikan tempat dan bangunan2nya juga perpaduan antara Asia dan Eropa. Subhanallah. Semoga kesampaian travelling ke sana. Read Less

  • nurulrahma

    Januari 24, 2021 at 12:35 pm
    Reply

    MasyaALLAH, seruuu buangett mba aku juga pengin ke Turki Semoga after pandemi ini ada rezeki dan kesempatan utk cuss ke sana

1 2 3 5

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *