7 Alasan Membaca Buku Itu Penting Bagi Ibu Rumah Tangga

Hai, Bunds! Apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa jenuh? Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya terkadang merasa jenuh dengan pekerjaan rumah yang seperti tak pernah ada habisnya. Perlu jeda untuk mengembalikan mood agar bisa bersemangat lagi. Dan salah satu yang saya lakukan dalam jeda tersebut adalah mendapatkan waktu sejenak untuk membaca buku. Apa alasan membaca buku itu penting? Kenapa bukan jalan-jalan atau me-time di salon?

7 Alasan Membaca Buku itu Penting bagi Ibu Rumah Tangga

1. Sebagai Relaksasi dan Pereda Stres

Ini adalah alasan membaca buku yang utama bagi saya. Saya merasakan pikiran, jiwa dan hati menjadi lebih tenang dengan membaca buku. Membaca buku dapat meredakan stres, menstabilkan detak jantung dan meredakan ketegangan.

Sesuaikanlah buku bacaan dengan suasana hati. Karena terkadang kita mendapatkan pencerahan dari buku yang dibaca, loh.

Misal, kita sedang mengalami masa-masa sulit karena kehilangan pekerjaan. Bisa jadi dengan membaca buku kita akan termotivasi untuk move on, lalu akan muncul ide-ide baru untuk membangun usaha.

Atau seandainya kita sedang mendampingi buah hati yang beranjak dewasa, di mana sering terjadi selisih paham. Dengan membaca buku yang tepat, akhirnya kita bisa tahu dimana letak “missed” antara orang tua dan anak, sehingga hubungannya dapat terjalin dengan harmonis lagi.

Anda bisa baca artikel episode mental health ini sebagai bacaan motivasi juga.

Membaca dapat menjaga hati dari kegelisahan dan memelihara waktu dari kesia-siaan.

2. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Alasan membaca buku yang lainnya adalah karena buku adalah sahabat yang akan memberikan kita banyak pengetahuan dan wawasan baru.

Semenjak disibukkan dengan rutinitas rumah tangga, kita tidak lagi bisa berkumpul bersama para sahabat. Sehingga sedikit demi sedikit sahabatpun berkurang. Maka saat dilanda rasa sepi atau jenuh, buku akan menjadi sahabat bagi seorang ibu rumah tangga yang menyampaikan banyak kisah-kisah yang tak diketahui sebelumnya.

Karena buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya.

Seperti mencari info tempat traveling terbaik untuk keluarga, juga bisa didapatkan dari membaca.

Buku seperti ini membuat wawasan kita semakin bertambah. Ada tulisan saya di dalamnya lho ^-^

3. Mendukung Bersosialisasi

Suka membaca buku akan membuat lebih mudah untuk beradaptasi dan bersosialisasi. Alasan membaca buku ini tentunya sangat mendukung peran kita di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Membaca juga membuat kita semakin peka dan empati terhadap sekitar.

4. Meningkatkan fokus, konsentrasi dan daya ingat

Siapa bilang membaca buku itu membosankan dan melelahkan? Alasan membaca buku yang tak kalah pentingnya adalah karena membaca buku dapat membantu kita meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Tak percaya? Cobalah untuk membaca buku dengan cepat, dijamin anda akan kesulitan memahami apa yang baru saja dibaca.

Jika alasan membaca buku adalah untuk menghilangkan kejenuhan, maka tanpa disadari anda akan membaca buku dengan fokus dan konsentrasi, sehingga dapat memahami isi bukunya.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa alasan membaca buku itu sangatlah penting karena dapat mencegah penyakit Alzheimer dan kepikunan dini.

Anda tak mau cepat pikun kan? Maka rajinlah membaca, Bunds!

5. Menjadi contoh bagi anak-anak di rumah

Buku adalah Jendela Dunia, maka alasan membaca buku bagi seorang ibu adalah untuk menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya agar mencintai buku.

Hal ini sangatlah penting bagi anak-anak kita. Anak yang menyukai membaca buku sejak dini, akan mudah berkomunikasi dan memahami berbagai macam hal dengan baik. Tentunya proses membaca buku bagi anak usia dini akan berbeda dengan anak yang benar-benar sudah bisa membaca secara mandiri. Pada anak usia dini, membaca buku adalah aktivitas yang perlu dibantu oleh orang tua/pendamping, karena masih harus dibacakan.

Coba baca artikel Rahasia Membaca Menyenangkan bersama Buah Hati.

6. Hiburan yang mudah dan murah

Alasan membaca buku yang paling simple adalah karena membaca buku adalah hiburan yang mudah untuk dilakukan dan tak memerlukan biaya banyak.

7. Mendukung kemampuan menulis

Bagi yang suka menulis, alasan membaca buku yang tepat adalah karena dengan membaca akan mendukung kemampuan menulis seseorang. Dengan rajin membaca buku maka bertambahlah kecakapan menulis, kecakapan pemilihan kata, penambahan kosakata dan masih banyak lagi.

 Dengan membaca kamu mengenal dunia, dengan menulis kamu dikenal dunia

Wah, ternyata banyak sekali alasan membaca buku yang sangat penting bagi kehidupan kita ini, ya Bunds! Maka,

Milikilah alasan yang kuat dalam melakukan hal apapun itu, agar hasilnya membawa banyak manfaat (dhika_suhada)

Termasuk alasan membaca buku seperti yang sudah di tuliskan di atas. Apakah ada yang mau menambahkan alasan membaca buku itu penting?  Alasan membaca buku yang nomor berapa yang sesuai dengan anda? Sharing yuk

bundastory

0 comments
0 likes
Prev post: TRAVELING YUUK!Next post: Mau Jadi Ratu Dapur? Ini Rekomendasi Website Keren Yang Bakal Bikin Kamu Jadi Ratu Dapur Walaupun Tak Bisa Memasak!

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *