TIPS AGAR RESOLUSIMU BISA TERWUJUD

 


2019 hampir usai

Banyak rencana yang belum terurai

Terlalu hangat mimpi membuai

Jangan sampai sesal yang tertuai

 

Yah, begitulah hidup. Selalu ada penyesalan di akhir cerita. Seperti ungkapan yang sering kita dengar, “namanya juga penyesalan pasti selalu hadir belakangan. Kalau hadir duluan namanya pendaftaran”. #basi buuuun.

Atau ungkapan yang ini :

“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang-orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan hari kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat”.

Ugh, serem ya denger kata “terlaknat”. Sempet cek di KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia, terlaknat artinya sama dengan orang yang terkutuk.

Jangan sampai terjadi ya Allah.

Tapi kalau ngomongin bagaimana seharusnya kita menjalani hari-hari dalam kehidupan, memang gak seperti indahnya cerita para putri raja ataupun artis artis kece yang setiap pagi siang sore bersliweran di layar kaca.

Semua orang pasti pernah merasakan “pengen berlari”. Tapi kok ya adaaa aja alesannya untuk tetap diam di tempat. Rasa malas, kata nanti, sering membuat kita terlena melalui hari demi hari.

Kayaknya baru aja tahun baruan bareng sama keluarga, ehhh besok udah mau tahun baruan lagi.

Trus 364 hari kemaren udah ngapaian aja shayyy?

Waktu berlalu begitu cepat

Atau justru kita yang tak bisa menghargai waktu?

Sampai-sampai bablas deh rencana-rencani yang udah ditulis rapi jali akhir tahun yang lalu.

Hmmm

Tapi bunbun kasih berita baiknya nih ya.

“Segala sesuatu itu berasal dari niat”

Pernah denger kalimat ini ya? Kalau kami sebagai muslim, kalimat ini sangat akrab bagi kami karena ada di dalam sebuah hadits :

“Innamal a’maalu bin niyyah” ( Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat).

Sudah bagus bagi kita membuat sebuah resolusi di setiap akhir tahun. Itu pertanda kita punya niat untuk menjadi lebih baik ke depannya. Daripada tak ada niat sama sekali. Ya kan?

Nah, pe er nya adalah…

Seiring bertambahnya usia, seharusnya kita sudah semakin expert dalam mengatur perasaan, emosi dan hati.

Saat jatuh? Bangkit lagi!

Gagal? Ayo move on !

Malas? Boleh kok. Tapi sebentar aja. Gunakan saat bermalas-malasan itu untuk recharge semangat.

Abis itu ya harus maju lagi.

Easy?

NO!

Emang gak mudah!

Adalah wajar bagi manusia untuk mendapati hari yang terkadang ditemani mentari yang bersinar cerah. Tapi adakalanya juga mendung menggelayut mesra seharian, menutupi senyum yang seharusnya mengembang manja di hatimu.

Wajar Wajar Wajar

Banyak temennya kok shayy.

Tapi ya itu tadi, bahwa roda selalu berputar.

Yang belum berada di zona nyaman, biasanya akan lebih fight dalam mencapai tujuan hidupnya. Yang udah di zona nyaman, yeayyy congratulations.

Eits, tapi jangan terlena! Perbesar lagi zona nyamanmu.

Yang tadinya udah zona nyaman bagi diri sendiri, sekarang harus diperluas lagi area zona nyamanmu untuk keluarga. Jika kamu dan keluarga sudah berada di zona nyaman, perluasss lagi dengan menyamankan orang-orang di sekitar kita. Itu baru namanya kereeen #kasih bintang 5 ya.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

(HR Ahmad, ath-Thabarani, ad-Daruqutni)

Insya Allah kita bisa ya saling menebar manfaat. #peluk dulu ahhh

Betewe, mau tahu gak resolusi bunbun untuk tahun 2020 yang tinggal sekejap lagi?

Selain mau memperbaiki diri di semua sisi kehidupan, ada satu yang harus terealisasi dengan istiqamah di tahun 2020.

Apakah itu?

Resolusi NgeBLOG

Yups, bunbun pengen banget bisa aktif ngeblog lagi seaktif-aktifnya untuk menebar manfaat melalui tulisan. Di blog bundastory ini pengen ngobrol ringan tentang hal sehari-hari, berbagi tips, berbagi info, dan lain-lain. Dan satu lagi nih, bunbun pengen sharing yang sedikit religius di ukhtifillah.com yang udah sempet dibikin tapi belum ditengok lagi karena kebanyakan mager #jangan ditiru yah.

Trus gimana dong caranya biar resolusi di atas bisa berjalan dengan baik?

Ini tips supaya Resolusi NgeBLOG kamu gak cuma jadi pajangan 🤭🤗

  1. Tetapkan Niat dan Tujuan nulis. Tancapkan dalam hatimu yang terdalam ples tempel di meja kerja, di laptop, di reminder hp, dan banyak lagi tempat strategis lainnya goal menulis kita.
  2. Gabung dengan komunitas blogger. Ada banyak banget komunitas blogger saat ini. Cek aja di Instagram atau di Facebook. Sesuaikan dengan visi dan misi kita dalam menulis. Kalau bunbun gabung di PASBlogger JA  dan IIDN. Jangan lupa juga untuk bergabung di komunitas blogger di kota yang kita tinggali saat ini. Dulu bunbun pernah gabung di komunitas Anging Mamiri saat di Makassar. Tapi karena masih punya bayik dan gak punya asisten, jadi gak pernah aktif. Dijamin nyeselnya sekarang deh. Trus saat ini karena bunbun tinggal di Jogja, maka bunbun merapat ke Komunitas Blogger Jogja. Yuk cek dan gabung dengab komunitas blogger di daerahmu sekarang.
  3. Bikin jadwal posting dan blogwalking (BW). Biasanya kalau udah gabung di komunitas, kita ada jadwal untuk saling mengunjungi blog teman. Ini menjadi pemicu semangat untuk update blog terus.
  4. Ide nulis buntu? Kalau bunbun mencari mood boosternya dengan menghadiahi diri sendiri. Hunting alat tulis lucu-lucu, notebook imut, props foto yang lagi sale, atau buku-buku bacaan. Salah satunya agenda unyu dari Indscript ini sangat membantu.

    Sumber foto : Cicik Rosida, Leader Indscript

    Next bunbun ulas khusus deh manfaat agenda yang satu ini #bukaniklanbukanendorse.

  5. Masih males??? Tantang dirimu dengan ikut challenge nge blog. Biasanya hadiah yang ditawarkan bakal bikin kamu semangat buat nulis yang terbaik untuk blog kamu. Bisa cek cek di instagram @infolombablog atau info dari  postingan di grup blogger yang kita ikuti. Makanya kudu aktif di grup ya bir gak ketinggalan info. Cara paling simpel sih bisa tanya google. Ketik aja “lomba blog Januari 2020” misalnya di kolom pencarian. Pasti nanti akan muncul link yang mengulas lomba tersebut. Gimana? Gampang kaaaan
  6. Masih juga males-malesan? Hmmm Kamu musti kembali ingat ingat pada Niat menulis. Semua kembali ke niat. Niatkan ini untuk berbagi kebahagiaan dan kebaikan bagi semua orang. Bayangkan banyak orang terbantu dari tulisan kita meskipun kita tak saling mengenal. Seperti saat bunbun tulis tentang penyakit HNP yang pernah menghampiri suami, ternyata banyak yang bertanya dan mengajak sharing tentang ini ke bunbun. Padahal kami gak kenal. Alangkah senangnya bisa saling berbagi. Ini linknya. Bayangkan kita akan mempunyai banyak sahabat di dunia ini. Bayangkan kamu bisa menyuarakan apa yang ada di hati kamu ke seluruh penjuru dunia. Kamu hidup ga sendirian say. Dan ngeblog adalah salah satu cara untuk kembali ke “jalan yang benar” dalam menunjukkan eksistensi diri. Ga ada batasan usia, ga ada batasan ilmu, ga perlu minder, keluarkan semua kemampuanmu melalui rangkaian kata yang mengalun merdu dalam laman ini. Meninggalkan rekam jejak sejarah secara digital yang akan dapat dibaca bahkan oleh anak cucu kita kelak.
    Back to Niyat ya say pokoknya. Banyak ladang pahala disini. 
    🌷🌷🌷

    Nah, ini resolusi ngeblog bunbun di tahun 2020. Gimana dengan kamu say?

    Naik kelas, kita harus naik kelas.

    Sama seperti anak anak kita. Mereka harus menguasai materi level ini untuk bisa naik ke level berikutnya.

    Begitupun bunbun. Di awali dari blogger pemula, insya Allah bisa terus menulis untuk menjadi lebih proffesional.

    Kamu juga mau kan naik kelas?

    Yuk semangat yuk. Cari motivasi yang kuat agar bisa terus menulis dengan baik.

    Salam Resolusi,

0 comments
2 likes
Prev post: SITUS WARUNGBOTONext post: WISUDA XIV STT BANDUNG PENUH DENGAN LULUSAN UNGGUL SIAP BERINOVASI di ERA 4.0

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *