Mengenal Lebih Dekat Sekolah Internasional di Yogyakarta

logo YIS

Apa yang terlintas di pikiran kita kalau membahas tentang sekolah  internasional?

Fasilitasnya? Tenaga pengajarnya? Kurikulumnya? Atau mungkin tentang murid-muridnya?

Sebenarnya apa sih yang membuat sekolah internasional “yang katanya” bisa melahirkan anak-anak unggulan?

Mendadak saya membayangkan film-film remaja asing yang  bersetting sekolahan. Mengenakan kaos, tidak membawa buku yang banyak sehingga tasnya ringan, loker-loker yang berjajar rapi, bisa ngobrol seru  dengan guru-gurunya.

YIS students

Murid Sekolah Internasional – sumber foto. Facebook YIS

Wah, pasti banyak sekali informasi yang sebenarnya ingin diketahui oleh para orang tua mengenai Sekolah Internasional. Begitupun dengan saya.

Kalau menilik dari wikipedia :

Sekolah Internasional adalah sekolah yang mendukung pendidikan internasional dalam lingkungan internasional, baik dengan menerapkan kurikulum seperti Intenational Baccalaurete (IB),  Edexcel, atau Cambridge International Examinations atau dengan mengikuti kurikulum nasional yang berbeda dari negara tempat sekolah.

Dan beruntungnya kali ini saya berkesempatan untuk bisa datang dan tanya-tanya langsung mengenai sekolah internasional di Yogyakarta.

Dimana?

Ternyata sekolah internasional di Yogyakarta itu ada loh. Saya kira hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bali saja. Dan sekolah internasional di Yogyakarta yang saya kunjungi ini sangat bagus lingkungannya, fasilitasnya, tenaga pengajarnya dan pastinya  terjamin mutunya.

Kedatangan saya ke sekolah internasional di Yogyakarta disambut dengan pemandangan yang sangat alami dan menyegarkan.

Rerumputan hijau terpampang nyata di hadapan saya.

YIS

Area Playground – doc. pribadi

Bagaimana tidak? Area sekolah ini mencapai 6 hektar lebih. Dan baru bulan Agustus yang lalu mereka pindah menempati lokasi yang baru ini. Gedung sekolahnya sangat “homy”, banyak ruang terbuka, seperti pertanda bahwa disinilah sekolah yang memberi kebebasan dan kemandirian bagi anak didiknya.

Gedung YIS

Gedung sekolah – doc.pribadi

Bahkan sekolah ini dilengkapi dengan lapangan sepak bola yang berkualitas, yang sering juga digunakan latihan oleh klub sepakbola dalam dan luar negeri.

Lapangan Sepak Bola Internasional Jogja

Lapangan sepak bola standart internasional – doc.pribadi

Lokasinya ada di belakang Monjali ( Monumen Jogja Kembali).

Tepatnya di Jalan Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Indonesia 55284.

Apa Nama Sekolah Internasional di Yogyakarta ini?

Penasaran ya?

Sekolah yang saya kunjungi ini adalah Yogyakarta Independent School atau biasa disingkat YIS.

Dulu juga dikenal dengan sebutan Yogyakarta International School.

Sekolah ini telah dinyatakan sebagai satu-satunya sekolah International Baccalaureate (IB) World School di Yogyakarta. Sudah terlisensi pula secara formal oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Dan YIS benar-benar menerapkan kurikulum full IB (International Baccalaureate). Mulai dari tingkat Primary Years Programme (usia 3-12 tahun), Middle Years Programme ( usia 11-14 tahun setara SMP), sampai ke level Diploma Programme ( setara dengan SMA kalau di sekolah nasional).

Oya, YIS tahun ini akan berusia 31 tahun, loh. Tepatnya di tanggal 25 Mei.

Wah, sudah lama juga ya sekolah IB di Yogyakarta ini berdiri.

 

Apa sih Keunggulan YIS : Yogyakarta Independent School?

YIS mendidik dan menginspirasi para murid untuk menjadi pemikir kritis dan independen serta warga dunia yang peduli. (yis-edu.org)

Dengan kurikulum IB yang mereka gunakan, sistem pendidikan di YIS didasarkan pada koneksi. Yaitu koneksi antara apa yang dipelajari di dalam kelas dan apa yang dialami di dunia luar, koneksi antara murid dan guru, koneksi antara sesama murid, dan koneksi antara orang tua dan guru.

Dari hasil pengamatan saya sendiri, saya melihat bagaimana murid-murid di YIS diberi ruang yang sangat luas untuk berkespresi. Seperti di acara YIS BOOK WEEK yang berlangsung pada tanggal 2 – 6 Maret 2020. Di sana kita bisa melihat bagaimana mereka berkreativitas dengan tema Buku.

YIS BOOK WEEK

Ada pertunjukan Shadow Puppet Show, Story Telling, Pajama Reading Party, Book Bazar dan ada juga Starbooks Café.

Saya tertarik sekali saat diceritakan tentang ide Starbooks Café ini. Para murid menggabungkan tema buku ke dalam suasana café. Ternyata gerai kopi kenamaan itu bisa diplesetin juga jadi projectnya anak-anak ini ya.

YIS Students

Starbooks Cafe ala YIS students – doc.pribadi

Starbook Cafe

Menu buku bacaan Starbooks Cafe – doc.pribadi

Team Starbooks Cafe bersama Ms. Karin (Wakil Kepala Sekolah YIS)

Ada juga pojok baca yang didesain seperti memasuki ke dalam sebuah dunia luar angkasa. Mereka menamakannya “Reading under the star”. Kita masuk dalam ruangan yang tertutup. Membawa buku dan lampu penerang (senter). Lalu duduklah dengan nyaman. Nyalakan senternya, arahkan ke atas dan voila… ada bintang-bintang yang bercahaya yang akan menemani kita membaca. Glow in the dark.

Book YIS

doc. pribadi

Sensasi pengalaman membaca yang sangat mengesankan bukan?

Saya juga memperhatikan beberapa anak tingkat atas yang berdiskusi dengan gurunya. Mereka tertawa bersama meskipun sesekali terlihat serius saat membahas project. Semua anak di sini terlihat aktif.

Belum lagi jika acara Dress Up as Your Favourite Book Character dilangsungkan. Semua akan berdandan seperti karakter dari buku yang ia sukai. Mau tidak mau anak-anak harus membaca dan memilih karakter kesukaannya. Ini ide cemerlang untuk mencintai kegiatan membaca buku.

Arah pendidikan IB sendiri adalah mengembangkan manusia berpribadi internasional, yang mengenal kemanusiaan bersama mereka dan bertanggung jawab melindungi planet ini bersama-sama, membantu untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan damai (International Baccalaureate 2018).

Sudah kebayang ya parents, bagaimana kurikulum ini akan membentuk pribadi-pribadi yang memiliki nilai empati yang tinggi, berwawasan luas, mandiri dan bertanggung jawab. Tidak melulu terikat dengan text book.

Karena sekolah bukan hanya tentang angka yang tertera di raport, melainkan nilai-nilai diri yang akan menjadi pondasi berkembangnya intelegensi secara natural dan bertanggung jawab.

Siapa Sajakah yang Bisa Sekolah di YIS?

Pertanyaan ini pasti juga terlintas di benak parents.

Apakah harus memiliki darah luar negeri atau ekspatriat?

NO!

Sebagai sekolah IB di Yogyakarta, murid di YIS ini memiliki latar belakang yang beraneka ragam. Ada yang bule tulen alias bapak-ibunya berasal dari luar negeri. Ada yang campuran. Ada pula yang orang Indonesia asli. Keberagaman ini juga membuat wawasan murid YIS semakin luas.

Lalu bagaimana dengan bahasanya?

Bahasa sehari-hari yang digunakan di YIS memang bahasa inggris. Semua buku pelajaran juga berbahasa inggris. Tapi YIS juga membuka kelas bahasa Indonesia bagi murid-muridnya. Begitu pula bagi murid yang belum lancar berbahasa inggris, akan diberi extra materi bahasa inggris.

Oya, meskipun YIS sebagai sekolah IB di Yogyakarta, tapi YIS juga tetap menyelenggarakan UN, loh.

Lulus dari YIS harus Kuliah ke Luar Negeri?

Bisa YES bisa NO.

Gak harus sih.

Tapi lulusan YIS sudah terbukti memiliki nilai “jual” yang siap terjun di mana saja. Bagi alumni YIS, akses sekolah ke luar negeri sangatlah terbuka lebar. Tentunya ini sangat sayang untuk dilewatkan. Begitu pula untuk masuk ke universitas di dalam negeri. Beberapa alumni bahkan membuktikan bahwa standart nilai yang mereka bawa dari YIS ternyata memiliki nilai lebih.

Berapa Biaya Sekolah di YIS?

Biaya di tiap grade dan tiap tahunnya pasti akan berbeda. Untuk mendapatkan rincian biaya yang up to date parents bisa menghubungi bagian admisi YIS.

Yang pasti biaya sekolah di YIS sangat terjangkau di bandingkan sekolah internasional yang lain. Bahkan bisa dibayar dengan cara diangsur selama 4 kali dalam setahun.

Meskipun tahun ajaran baru dibuka pada bulan Agustus, YIS selalu siap menerima kunjungan parents untuk berbagi info mengenai segala hal tentang YIS.

Sekolah di YIS

Wah, bahas tentang YIS ternyata panjang sekali ya. Padahal ini belum semuanya lho. Belum ceritakan lebih detail apa saja fasilitas sekolahnya, apa saja ekskulnya, juga bagaimana sistem pembelajarannya di kelas. Saya sisipkan foto-fotonya di akhir tulisan blog ini saja ya.

Yang pasti sekolah internasional di Yogyakarta ini memiliki komitmen untuk melahirkan anak-anak yang berkualitas. Bukan hanya dari intelegensinya saja, tapi juga dari pribadi-pribadi yang unggul.

Hal ini dibuktikan dengan agenda-agenda kegiatan yang mereka miliki sepanjang tahun. Juga berbagai macam project yang diserahkan ke murid-muridnya. Semua patut diacungi jempol.

Dan kembali ke acara Book Week yang saya kunjungi kemarin, saya juga menarik kesimpulan bahwa:

Membaca adalah jendela dunia. Kebiasaan membaca pada anak-anak akan tumbuh jika didukung oleh lingkungan dan kegiatan yang menarik bagi mereka.(dk)

 

YIS

sumber foto : facebook YIS

Jadi bagaimana parents? Sudah mulai tercerahkan mengenai sekolah internasional kan? Yang ingin mendapatkan info lebih lanjut mengenai sekolah IB di Yogyakarta atau sekolah internasional di Yogyakarta, anda bisa mengunjungi YIS – Yogyakarta Independent School ini melalui :

Website           : www.yis-edu.org

Phone              : (0274) 5305147

Whatssapp       : +6282241044242

e-mail              : info@yis-edu-org

Instagram        : @yogyakartaindependentschool

Atau bisa datang langsung ke Yogyakarta Independent School

Di Jalan Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Indonesia 55284.

ruang kelas YIS

suasana lobby di depan ruang kelas YIS

 

 

 

 

8 comments
1 like
Prev post: Ini Rekomendasi Sabun Mandi Wangi Tahan Lama : Vitalis Body WashNext post: 3 Jurus Andalan menjadi SUPERMOM BAHAGIA

Comments

  • winarsih

    April 1, 2020 at 4:16 pm
    Reply

    wah ada ya? baru tahu saya. Telat anak sy sudah hampir selesai kuliah. Bisa jd referensi buat cucu saya nanti 😍

    • bundastory
      to winarsih

      April 10, 2020 at 2:09 am
      Reply

      Yes mba Win yang cantik dan ketjeh

  • Amel

    April 1, 2020 at 10:38 am
    Reply

    Keran banget sekolahnya. Pasti anak-anak betah sekolah di sana.

  • hikmah

    April 1, 2020 at 2:30 am
    Reply

    Keren tulisannya...informatif bgt....jadi tahu ada sekola yang keren banget gini....thanks mba...

  • Ova Forlendy

    Maret 31, 2020 at 7:33 am
    Reply

    Kereeeennn banget sekolahnya. Dan juga kreatif banget utk kenyamanan pelajarnya. Ada starbook juga, hampir salfok aku.

  • Erly

    Maret 31, 2020 at 7:00 am
    Reply

    Keren banget sekolahnya, pasti lulusannya juga super keren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *