3 Bahan Alami Murah Meriah Untuk Perawatan Cantik Dari Rumah

Bahan alami

Manfaat Timun Tomat Madu untuk wajah

Hai, Bunds. Gak kerasa kita sudah hampir 4 pekan menjalani anjuran pemerintah buat stay at home ya.

Aneka kegiatan sekolah anak-anak, pekerjaan suami dan agenda kita sendiri banyak yang diboyong ke rumah.

Kebayang dong gimana sibuknya Sang Ratu rumah tangga alias para ibu.

Saking sibuknya ngurusin rumah, baru sadar deh kalau ternyata kita udah lama banget gak dandan ya, Bunds. Mana pake baju juga modelnya itu-itu terus alias dasteran.

Hmm. Padahal biasanya, tiap pagi walaupun belum mandi kita udah ‘rapi jali-harum mewangi’ buat anter anak-anak ke sekolah. Terus siangan dikit udah pakai bedak dan lipstikan lagi karena mau jemput anak pulang sekolah. Sore menjelang malamnya, udah dandan cantik lagi buat menyambut pak suami pulang kantor. Iya kan ?

Nah sekarang, berhubung semua aktivitas sekeluarga cuma di rumah-rumah aja, banyak para bunda yang akhirnya jadi lupa dandan saking sibuknya.

Cermin ajaibPernah gak, Bunds ngerasa kaget banget pas lihat ke cermin. Loh, kok muka jadi kusam banget ya? Kok wajahnya gak cerah? Kok ada mata pandanya? Kok ini kayak mau muncul jerawat ya? Huhuhu

Tenang, Bunds. Jangan keburu panik. Tarik nafas pelan-pelan, hembuskan.

Ini 3 Jurus Andalan untuk menjadi ibu bahagia

Berhubung kita masih harus tetap di rumah, gak bisa deh pergi ke tempat keramaian seperti salon atau tempat perawatan wajah.

Nah, gimana kalau kita lakukan perawatan dari rumah aja?

Selfcare

Iya di rumah aja. Selfcare gitu, Bunds.

Dijamin murah meriah dan berkhasiat.

Mau tau caranya? Yuk kita cek dapur dan kulkas dulu.

Kita cuma perlu TTM aja kok.

Asal ada TTM ini, urusan perawatan wajah dari rumah dijamin lancar dan mulus.

Baca juga cara mandi mewah di rumah untuk perawatan tubuh.

Apa sih TTM itu, Bunds?

Penasaran ya?

Ini Dia: 3 Bahan Alami Murah Meriah Untuk Perawatan Wajah Cantik Hanya Dari Rumah

Timun Tomat Madu

1. Timun atau Mentimun

 

Buah mentimun sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya sebagai pelengkap masakan tapi juga bisa digunakan untuk bahan dasar perawatan wajah.

Manfaatnya antara lain :

1. Menyegarkan dan melembabkan kulit wajah.

2. Mengatasi kulit kering.

3. Mengecilkan pori-pori.

4. Membantu menyamarkan noda dan bintik hitam di wajah.

5. Meremajakan kulit (anti aging).

6. Menghilangkan kantung mata atau mata panda

dan masih banyak lagi.

Manfaat Timun

Tau gak, Bunds? Di bagian tengah buah ketimun ini, ia memiliki banyak kandungan air, vitamin A, vitamin C, folat dan asam kafeik yang memiliki manfaat anti radang dan anti oksidan.

Itulah yang membuat buah mentimun juga baik untuk meredakan iritasi dan jerawat tanpa rasa perih.

Bagaimana Cara Menggunakan Buah Mentimun untuk perawatan wajah?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Dengan mencuci bersih lalu mengiris tipis tipis dan langsung diletakkan pada bagian yang membutuhkan perawatan. Seperti pada kantung mata. Lakukan ini rutin setiap hari satu kali untuk hasil terbaik.

Masker mata

2. Dibuat masker dengan cara:

Cuci bersih buah mentimun, blender seperti membuat jus. Ambil ampasnya. Gunakan ampas jus mentimun ini untuk masker, terutama saat berjerawat atau iritasi. Gunakan seminggu sekali saja.

3. Dibuat masker dengan cara dijus dan diberi tambahan madu agar wajah terasa lembab, halus dan segar.

Masker Timun

4. Dijadikan toner, dengan cara rebus terlebih dahulu buah mentimun. Lalu haluskan dan saring. Masukkan airnya dalam botol semprot atau spray. Semprot pada bagian  kulit yang membutuhkan nutrisi tambahan. Simpan toner mentimun ini pada kulkas agar bisa digunakan sampai 3 hari ke depan. Jika lebih dari itu, buat lagi yang baru.

5. Dicampur dengan aloe vera. Dengan manfaat mentimun yang sangat baik dicampur dengan manfaat aloe vera yang tak kalah berkhasiat juga, akan menjadikan wajah kita jauh lebih terawat dan segar berseri.

Mau tau apa manfaat aloe vera bagi wajah, Bunds?

Coba baca  5 Manfaat Aloe Vera Gel Yang Tidak Banyak Orang tulisan dari teman blogger saya, Bunda Seftina. Beliau mengupas tuntas manfaat aloe vera gel yang mungkin bunda belum pernah tau.

2. Tomat

Tomat yang kaya akan vitamin A, C, E, K dan B6 dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah lho, Bunds.

Selain itu, tomat juga mengandung agen anti oksidan  lycopene, yang direkomendasikan untuk melindungi wajah dari resiko kanker kulit, radang kulit dan iritasi seperti pada saat berjerawat.

Jika kita terpapar sinar matahari terlalu lama sampai kulit menjadi terbakar, sangat cocok menggunakan masker tomat untuk terapi alami pada wajah. Tomat ini memiliki efek mendinginkan kulit.

Bagi yang memiliki kulit berminyak, tomat bisa digunakan untuk mengendalikan produksi sebum pada kulit wajah karena memiliki kandungan asam alami.

Manfaat tomat

Dengan manfaat tomat yang sangat banyak, berikut ini adalah beberapa cara mengolah tomat untuk perawatan wajah.

→ Cuci tomat segar lalu belah menjadi dua. Usapkan pada wajah beberapa saat ( bisa untuk wajah yang iritasi) . Bilas dengan air. Lakukan rutin seminggu 2 kali.

→ Buat masker tomat alami dengan cara masukkan tomat ke dalam air hangat agar mudah dibersihkan dan dipisahkan dengan bijinya. Lalu haluskan sampai menjadi sedikit kental supaya dapat digunakan sebagai masker wajah.

→ Masker tomat alami dapat juga dicampur dengan madu dan yoghurt yang akan memberikan manfaat maksimal pada wajah. Ratakan pada wajah, diamkan sesaar, lalu basuh dengan air hangat.

3. Madu

Manfaat Madu

Siapa yang gak kenal sama madu? Madu merupakan bahan alami yang sudah sangat populer manfaatnya. Baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk perawatan wajah. Madu mengandung pelembab dan pencerah alami.

Untuk manfaat mencerahkan kulit, campur 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh susu bubuk full cream. Aduk rata lalu aplikasikan pada wajah. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat dan tepuk tepuk halus. Lakukan rutin seminggu 2-3 kali.

Untuk kulit berjerawat, campurkan 1,5 sendok makan madu dengan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis. Khasiat antiseptik dan antibakteri akan di dapat dari ramuan ini. Lakukan rutin cukup seminggu sekali.

Untuk kulit kering, kombinasikan manfaat madu dengan pisang. Aduk rata dan aplikasikan ke wajah. Bilas dengan air hangat setelah terasa madu meresap sempurna ke dalam kulit wajah.

Jika tidak ada keluhan berat pada kulit wajah, kita bisa mencampur madu dengan buah mentimun segar sebagai pelembab dan penyegar wajah.

Timun madu

Wah, banyak ya manfaat bahan-bahan alami ini.

Jadi gimana nih, Bunds? Gak sulit kan untuk merawat wajah dari rumah? Ternyata kita bisa cantik hanya dengan memanfaatkan TTM ini.

TTM alias Tomat Timun Madu.

3 bahan alami yang sangat mudah kita temukan di rumah. Bahkan kita gak perlu merogoh kantong dalam-dalam nih. Semuanya murah meriah dan mudah didapat.

Yuk sempatkan waktu sebentaaar saja untuk melakukan perawatan wajah dari rumah. Asalkan rutin, pasti akan terlihat khasiatnya. Sibuk boleh, tapi jangan lupa untuk memberikan hak pada tubuh. Berupa istirahat yang cukup juga merawat wajah dan tubuh karunia Allah.

Cantik dari rumah

Siap-siap suami dan anak-anak bakal tambah terpesona dan betah di rumah  ya, Bunds ♥

bundastory

 

 

 

 

 

 

sumber gambar : pixabay , unsplash, bitmoji
sumber referensi : alodokter.com , pribadi
28 comments
3 likes
Prev post: 3 Jurus Andalan menjadi SUPERMOM BAHAGIANext post: Indscript Creative: Bukti Nyata Perempuan Indonesia Bisa Sukses Dari Rumah

Related posts

Comments

  • Erly

    April 13, 2020 at 6:36 am
    Reply

    Ternyata banyak manfaatnya ya.. btw istilahnya gampang diingat TTM cepet masuk ke ingatan. Coba ahh..

  • Ella Fitria

    April 13, 2020 at 4:29 am
    Reply

    Aku juga seneng bgt pke madu mbak. Tp nggak ku campur pakai perasan jeruk karena kulitku sensitif bgt. Paling untuk masker yg terbuat dr campuran […] Read MoreAku juga seneng bgt pke madu mbak. Tp nggak ku campur pakai perasan jeruk karena kulitku sensitif bgt. Paling untuk masker yg terbuat dr campuran kopi+madu+mair mawar. Mayan juga bikin muka seger dan bekas jerawat mulai pudar. Hihi Read Less

    • Arif Rudiantoro
      to Ella Fitria

      April 13, 2020 at 12:38 pm
      Reply

      Betul Bunda, di saat Social Distancing gini kebanyakan bu-ibu cuma seadanya, ngak dandan bin amburadul hehe Ini yg menyebabkan Suami bt, sebagai laki-laki q juga […] Read MoreBetul Bunda, di saat Social Distancing gini kebanyakan bu-ibu cuma seadanya, ngak dandan bin amburadul hehe Ini yg menyebabkan Suami bt, sebagai laki-laki q juga gitu, makanya harus merawat diri agar terus glowing + wangi sehingga Suami semakin cinta dan betah di rumah Kwkwkw Read Less

    • Yustrini
      to Ella Fitria

      April 14, 2020 at 1:48 am
      Reply

      Kalo aku dulu suka pake masker yg alami, misal tomat, mentimun, madu, putih telur lidah buaya. Karena agak ribet dan suka lupa beresin bekas maskernya […] Read MoreKalo aku dulu suka pake masker yg alami, misal tomat, mentimun, madu, putih telur lidah buaya. Karena agak ribet dan suka lupa beresin bekas maskernya akhirnya beralih ke masker yg kemasan, he, he. Tapi kalo madu aku masih suka pakai dicampur gula pasir buat bibir bagus biar nggak pecah-pecah. Read Less

  • Isdamayas

    April 13, 2020 at 3:50 am
    Reply

    Saya kalau pakai tomat selalu ngerasa wajah jd gatal, Bun. ,🤭 Mungkin nanti coba pakai timun dan madu.

  • Hasnah Siregar

    April 13, 2020 at 1:02 am
    Reply

    Masya Allah ... Bermanfaat sekali informasinya, Bun. Semoga bisa segera dieksekusi. Hihihi

  • Siti Mutmainah

    April 13, 2020 at 12:34 am
    Reply

    Bener banget Bun udah lama ga dandan karna wfh, makasih banget artikelnya sangat membantu aku yamg lagi kebingungan karna udah lama ga facial giliran mau […] Read MoreBener banget Bun udah lama ga dandan karna wfh, makasih banget artikelnya sangat membantu aku yamg lagi kebingungan karna udah lama ga facial giliran mau facial klinik kecantikan banyak yang ga buka treatment huhu, lumayan nih bikin masker dari bahan2 alami bisa jadi ga kusem2 banget lah nih muka hehe Read Less

1 2 3 6

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *